Fave Hotel Solo Hadirkan 10 Jenis Olahan Buntut Sapi

16 May 2016

Fave Hotel Solo Hadirkan 10 Jenis Olahan Buntut Sapi

MENU BARU- Karyawan menunjukan menu baru saat launching menu baru yang bertemakan Oxtail Festival di Fave Hotel Adi Sucipto, Solo, Jumat (15/7/2016). 
SOLO – Fave Hotels Solo meluncurkan 10 jenis menu buntut sapi untuk menarik pengunjung restoran dan tamu hotel, Jumat (15/7). Sepuluh masakan buntut sapi akan tersedia setiap hari dan bebas dipilih oleh tamu di antaranya Buntut Sapi Lada Hitam, Buntut Sambel Matah, Buntut Sambel Kacang dan Buntut Balado.
Executive Chef Fave Hotel, Aris Sasongko mengungkapkan, olahan buntut sapi diracik dengan menu western, tradisional dan Chinese. Pemilihan menu buntut sapi, dikatakan Aris, berdasarkan pertimbangan karena memang buntut sapi biasanya hanya diolah sebagai sop dan dibakar saja.
“Untuk memberikan cita rasa baru, saya membuat aneka masakan buntut sapi dengan bumbu dan rempah yang berbeda. Agar pecinta kuliner memiliki ragam rasa olahan buntut. Selain itu, konsumsi warga Solo sendiri terhadap Buntut Sapi cukup banyak peminatnya,” tuturnya, Jumat (15/7/2016).
Diakui Aris, untuk mengolah buntut sapi dibutuhkan perlakuan khusus di mana sebelum direbus sebagai bahan dasar dan untuk mengempukkan daging, buntut yang sudah dicuci bersih direbus sebentar untuk menghilangkan lemak dan kotoran yang masih menempel.
“Setelah itu, untuk mendapatkan tekstur empuk dan daging yang masih melekat pada tulang, cukup membutuhkan waktu dua jam untuk merebusnya. Lalu untuk menghilangkan baunya, bisa menggunakan perasan jeruk ketika mencuci dan sebelum direbus atau dengan merebusnya tanpa bumbu. Menu ini dibanderol Rp 75.000/porsi. Sedangkan Sop Buntut Rp 66.000/porsi,” imbuhnya.
Triawati Prihatsari Purwanto